ADA APA DENGAN BAITUL ARQOM !!!!!

By. Iwan Joyo S

Alumni PP. Baitul Arqom Tahun 2003

CP : 081234513001 / 081358001080

www.scathzi.multiply.com

BAITUL ARQOM

BERDIRI DIATAS DAN UNTUK SEMUA GOLONGAN

Pendidikan adalah pintu gerbang menuju kesuksesan. Begitu banyak lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan pemerintah juga swasta. Apapun bentuknya tenu memiliki tujuan yang sama seperti dalam UUD 1945 yaitu “mencerdaskan kehidupan bangsa” oleh sebab itu dengan pendidikan / sekolah anak dapat berkembang, tumbuh menjadi sosok pribadi yang memiliki kemandirian.

Pondok pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan yang tidak hanya mencetak pribadi yang memiliki kecerdasan intelektual tetapi juga kecerdasan spiritual. Tetapi tidak jarang masyarakat masih salah, dalam mengartikan seperti apa sebenarnya lembaga pendidikan yang disebut pondok pesantren itu, mereka takut jika kelak anak-anak mereka hanya menjadi seorang kiai atau bu nyai setamatnya mereka menuntut ilmu di pondok pesantren. Salah…… salah besar justeru dengan mereka menuntut ilmu di pondok pesantren mereka akan dipandang lebih oleh masyarakat ‘alim karena mereka merupakan generasi-generasi rabbani yang sengaja dibentuk menjadi pribadi-peribadi yang tangguh menghadapi tantangan zaman globalisasi ini.

Apalagi saat ini banyak pondok pesantren misal Pondok Pesantren Baitul Arqam, tidak hanya mengerjakan mengaji kitab-kitab kuning tapi masih banyak hal itu semua disesuaikan dengan bakat dan minat anak-anak didiknya. Dan juga pondok pesantren yang akan dipaparkan di sini adalah salah atu pondok pesantren modern yang sudah terakreditasi dan diakui pemerintah sehingga mereka bias ikut ujian dan lulus dengan nilai yang baik.

Oleh karena itu, salh jika kelulusan pondok pesantren hanya bisa mengaji kitab-kitab gundul / kuning saja tetapi juga dapat menjadi apapun yang mereka harapkan. Jadi, berbangga hatilah jika kelak putra-putri kita dapat melanjutkan pendidikan di sebuah pondok pesantren modern tentunya Balung Jember, yang termasuk pondok pesantren modern cabang dari Pondok pesantren Gontor Ponorogo.

A. Sejarah Berdirinya Pondok Pesantren Baitul Arqam

Dahulu ada 3 orang yang sama-sama alumni Pondok Pesantren Darussalam Gontor Ponorogo yang tergugah hatinya untuk mengamaljariyahkan sebagian harta yang dimilikinya, terutama ilmu yang telah diperoleh selama dalam pendidikan di pondok pesantren tersebut kepada umat Islam melalui jalur pendidikan. 3 orang pendiri yaitu KH. Abdul Muid,; K. Jawahir Abdul Mu’in dan K. Mahin Ilyas Hamim.

Minimnya lembaga pendidikan Isalam pada saat itu telah membuat masyarakat Balung dan sekitarnya memasukkan putra-putrinya ke sekolah Kristen yang telah dikenal masyarakat. Saat-saat itulah yang menggugah semangat para pendiri untuk segera mendirikan lembaga pendidikan yang menampung semua golongan dan lapisan masyarakat.

Maka pada tahun 1959 didirikanlah Sekolah Lanjutan Pertama Ats Tsanawiyah Al-Ula, hingga pada tahun 1967 sebagai lanjutan dari Madrasah Tsanawiyah Al-Ula kemudian Madrasah Muallimin. Selanjutnya pada tahun 1986 didirikan pondok pesantren putra dengan sekolah formalnya di MMI (Madrasatul Muallimin Al-Islamiyah) dan tahun berikutnya 1989 untuk pondok pesantren puteri dengan nama MmaI (Madrasatul Muallimat al-Islamiyah) hingga saat ini.

B. Kurikulum

Umumnya pondok-pondok pesantren itu mempunyai tipe tradisional dengan sistem pengajian yaitu dengar mengajarkan kitab-kitab tertentu menurut cirri khas para kyai-nya. Secara dan sorongan dengan bangunan fisiknya terdiri dari rumah-rumah kecil dari usaha para santrinya.

Sedangkan pondok pesantren Baitus- Arqam hanya sekedar memberikan pelajaran dan pendidikan yang merupakan dasar dari semua ilmu pengetahuan, baik umum maupun agama.

Maka dari itu pondok ini mempunyai tipe tersendiri yaitu secara klasikal dengan kurikulum DIKNAS dan DEPAG serta ditambah ekstrakurikulernya, dan saat ini pun mulai menggunakan KTSP

C. Metode Pengajaran Pondok Pesantren

Walaupun kita tahu pada dasarnya pondok pesantren bisa menggunakan sorogan, tetapi karena pondok pesantren Baim-aqram merupakan pondok moderen yang sudah memakai cara klasikal sehingga metode pembelajaran yang digunakan mulai bervariasi, tetapi yang pasti dipakai adalah ceramah, Tanya jawab dan diskusi. Meskipun begiu banyaknya materi pelajaran yang harus ditempuh membuat mereka tidak efektif dalam menerima pelajaran.

D. Strategi Pengajaran Pondok Pesantren

Dari berbagai metode yang digunakan dan kesemuannya menuntut adanya strategi agar metode-metode yang digunakan dapat efektif dan dapat mencapai tujuan yang diharapkan sama seperti sekolah-sekolah umum. Dalam pondok pesantren juga menggunakan sistem-sistem PAKEM (pengajaran aktif kreatif menyenagkan) yang kemudian disempurnakan menjadi PAIKEM (pengajaran aktif inovatif kreatif efektif menyenagkan). Strategi yang digunakan cukup efektif walaupun masih ada saja santri wali tertidur dikelas. Ada juga strategi yang cukup membantu mereka semangat dalam belajar yaitu dengan melaksanakan pengajaran di sawah (di alam terbuka), Karena dengan begitu membuat mereka lebih kreatif dalam belajar.

E. Pada Rekrutmen Siawa/Santriwati Dan Santriwan

Setiap awal tahun ajaran baru lembaga pendidikan ini mengadakan pendaftaran dan ujian bagi santri baru. Kegiatan ini ditangani oleh panitia khusus yang terdiri dari beberapa guru dan santri kelas VI (3 SMU). Pendaftaran santri baru dibuka mulai tanggal 1 juli sampai dengan 30 juli di kantor MNA1 (kampus sebelah selatan). Diawali dengan kegiatan pengumuman dengan merampung panflet dijalan atau tengah desa bawah. Kemudian membuat selebaran yang diambil, dititipkan kepada masyarakat, setelah itu mereka datang mendaftar dengan memilih beberapa persyaratan, misal: harus tinggal di pondok dan sebagainya. Setelah itu mengikuti ujian hingga menunggu pengumuman hasil ujian dan melakukan daftar ulang.

Jumlah santriwan/santrwati saat ini menerima sebanyak 115 santri putra dan 125 santri putrid, jadai jumlah siswa baru sebanyak 240 santri. Setelah itu masih banyak lagi acara hiburan untuk para santri-santri baru.

Rekrutmen Gurunya

Untuk merekrut para guru-gurunya selain mengambil dari 10 besar dari para santri yang lulus juga memasang pengumuman dengan beberapa ketentuan.missal sesuai dengan keahlian,memiliki ijazah maksimal S1 dan sebagainya.

F. Pemberdayaan SDM

Untuk meningkatkan kualitas baik dari santri-santrinya,pengajarnya juga para pekerjanya.Ada kegiatan-kegiatan yang mendukung perkembangan pondok pesantren agar Alumninya dapat diakui dan mampu bersaing dengan luar pondok pesantren.

Kegiatan untuk santri-santrinya yaitu dengan latihan-latihan keterampilan- keterampilan ilmiah,latihan kerja dan praktek berorganisasi,latihan menjadi iman sholat dan Khotib jum,atbimbingan berbicara bahasa arab dan bahasa inggris,latihan berpidato,kepramukaan dan study perbandingan dengan pondok-pondok pesantren lain.

Kegiatan untuk para pengajar yaitu melakukan rapat-rapat,Musyawarah kerja,seminar-seminar workshop dan sebagainya.

Kegiatan untuk pekerja diadakan pelatihan-pelatihan untuk menambah keterampilan untuk mereka.

INFO LENGKAP MENGENAI

Pondok Pesantren Baitul Arqom

Jln Karang Duren No 32 Balung Jember Indonesia

Kunjungi : www.scathzi.multiply.com

Sekilas mengenai www.scathzi.multiply.com. Adalah situs salah satu profile Alumni Baitul Arqom Balung jember Indonesia tahun 2003 yang saat ini aktif diberbagai LSM di Kab Jember maupun di organisasi Kemahasiswaan Di Kampus Jember. Situs tersebut dibuat sebagai ajang kreasi alumni Baitul Arqom khusus untuk semua Alumni mulai dari angkatan pertama sampai terakhir. Maka saya tidak bosan bosannya untuk mengajak para alumni Baitul Arqom untuk menyumbangkan segenap pikiran dan tenaga baik itu berupa materi maupun non materi untuk kemajuan Pondok Pesantren Baitul Arqom yang kita cintai

BAITUL ARQOM

BERDIRI DIATAS DAN UNTUK SEMUA GOLONGAN

By. Iwan Joyo S

Alumni PP. Baitul Arqom Tahun 2003

CP : 081234513001 / 081358001080

www.scathzi.multiply.com

Satu Tanggapan to “ADA APA DENGAN BAITUL ARQOM !!!!!”

  1. engkau baitul arqom yang selalu ku tunggu
    sebagai jalan untuk menuju ridlomu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: